SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN CABAI MERAH DENGAN METODE BACKWARD CHAINING BERBASIS WEB (Studi Kasus : Petani Cabai Desa Kutayasa)

SLAMET TRIDIANTO, 11111100166 (2016) SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN CABAI MERAH DENGAN METODE BACKWARD CHAINING BERBASIS WEB (Studi Kasus : Petani Cabai Desa Kutayasa). Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tanaman cabai merah merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak jenis penyakit dan sangat mudah menular terhadap tanaman lain jika tidak segera diketahui gejala awalnya. Selama ini dalam mendiagnosa penyakit tanaman cabai, para petani masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan mengamati gejala-gejala yang timbul pada tanaman cabai sehingga akan memerlukan waktu yang tidak sedikit dikarnakan penyakit cabai mempunyai banyak jenis penyakit. Dalam hal ini dibutuhkan sebuah media bantu yang dapat bertindak sebagai pakar, mengingat terbatasnya pengetahuan para petani cabai dan kurangnya tenaga penyuluh. Pada penelitian sistem pakar diagnosa penyakit tanaman cabai merah berbasis web ini bertujuan untuk merancang dan membangun suatu sistem untuk mendiagnosa penyakit tanaman cabai merah. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah metode backward chaining. Sedangkan metode pengumpulan data yang dilakukan untuk mengumpulkan data-data pendukung penelitian, yaitu : wawancara dan kuesioner serta kajian pustaka. Berdasarkan hasil implementasi, aplikasi sistem pakar dengan menggunakan metode Backward Chaining berbasis web dalam penelitian ini mampu membantu petani dalam melakukan diagnosa awal terhadap suatu penyakit tanaman cabai serta memberikan solusi pencegahan untuk mengatasi penyakit tanaman cabai tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pakar, Backward Chaining, Cabai Merah
Subjects: Komputer > Jaringan Komunikasi Komputer, interface
Komputer > Pemrograman/ rekayasa perangkat lunak
Divisions: Fakultas Teknik > Tehnik Informatika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 24 May 2016 05:06
Last Modified: 24 May 2016 05:06
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item