Jihannisa Uswatul Fadhlia, 14144200107 (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN FUN GAME DALAM KEGIATAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAJANGAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
JIHANISA_EFEKTIVITAS PENERAPAN FUN GAME.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal dengan penggunaan fun game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pajangan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah preekperimental dengan jenis one group pretest-posttes design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pajangan yang berjumlah 33 siswa yang dipilih dengan metode sampling purposive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistic uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis terbukti bahwa layanan bimbingan klasikal dengan penggunaan fun game untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Pajangan Tahun Ajaran 2017/2018. Dari hasil uji t yang dilakukan diperoleh nilai t = 38,96 dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan adanya peningkatan motivasi belajar antara sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan pengunaan fun game efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Bimbingan Klasikal, Fun Game, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 01:42 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 01:42 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6968 |
Actions (login required)
View Item |