KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MATARAM KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN 2018/2019

Idwan Cahya Putra, 14144200049 (2018) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MATARAM KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
IDWAN_KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK SELF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kedisiplinan belajar siswa sesudah diberikan layanan menggunakan teknik self management pada siswa kelas VIII SMP Mataram Kecamatan Kasihan Tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Mataram tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian in mengambil 32 siswa dari populasi siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji t-tes . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti yaitu tingkat kedisiplinan belajar siswa sebelum diberikan treatment terdapat 32 siswa yang berada pada kategori sedang dan cenderung sedang. Tingkat kedisiplinan belajar siswa setelah diberikan berikan treatment terdapat 22 siswa yang berada pada kategori tinggi dan 10 siswa berada pada kategori sedang dan cenderung tinggi. Terdapat perbedaan tingkat kedisiplinan belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan menggunakan teknik self management. Rerata pre test sebelum menggunakan teknik self-management sebesar 79,7812 sedangkan rerata post test setelah menggunakan teknik self-management sebesar 97,875. Selisih antara hasil angket kedisiplinan belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan teknik self-management sebesar 19,09. Dari hasil uji t-test diketahui nilai diperoleh nilai t = 15,012 dengan nilai p = 0,000 < 0,05 berarti ada perbedaan kedisiplinan belajar sebelum dan sesudah menggunakan teknik self-management. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan kedisiplinan belajar setelah diberikan perlakuan teknik self management pada siswa kelas VIII SMP Mataram Kecamatan Kasihan Tahun Pelajaran 2018/2019. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan dan konseling dapat menerapkan bimbingan kelompok teknik self-management dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: teknik self-management, kedisiplinan belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:54
Last Modified: 11 Sep 2023 03:54
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6961

Actions (login required)

View Item View Item