Idham Purnomo Hadi, 15144200018 (2018) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MODUL SETARA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA KELAS VIII MTs N 7 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
IDHAM_EFEKTIVITAS BIMBINGA KLASIKAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan klasikal dengan modul setara untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja kelas VIII MTs Negeri 7 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Sleman sebanyak 171 siswa. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak 69 siswa yang dipilih dengan metode Kuota purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan klasikal dengan modul setara efektif dalam meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja MTs Negeri 7 Sleman. Dari hasil uji-t antar kelas yang dilakukan diperoleh nilai t = 3,548 dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001< 0,05 yang berarti ada perbedaan tingkat pemahaman kesehatan reproduksi remaja anata siswa yang di berikan bimbingan klasikal mengunakan modul setara,dengan yang diberikan bimbingan klasikal dengan motode selaian mengunakan modul setara.Selisih antara angket pemahaman kesehatan reproduksi remaja antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 6,67 berarti pemberian Bimbingan klasikal menggunakan modul setara efektif untuk meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi remaja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan klasikal, modul setara, kesehatan reproduksi remaja |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:50 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 03:50 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6960 |
Actions (login required)
View Item |