HUBUNGAN ANTARA LAYANAN KONSELING KELOMPOK DAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Heru Prasetio Utomo, 12144200170 (2019) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN KONSELING KELOMPOK DAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
HERU_HUBUNGAN ANTARA LAYANAN KONSELING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan konseling kelompok dengan motivasi belajar (2) hubungan antara penyesuaian diri dengan motivasi belajar (3) hubungan antara layanan konseling kelompok dan penyesuaian diri dengan motivasi belajar siswa Kelas X SMK N 1 Kasihan Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X SMK N 1 Kasihan Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 290. Teknik pengambilan data dengan random sampling berjumlah 72 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang positif antara layanan konseling kelompok dengan motivasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,424 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti semakin efektif layanan konseling kelompok maka semakin meningkat motivasi belajar siswa. (2) Ada hubungan yang positif antara penyesuaian diri dengan motivasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,439 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik penyesuaian diri maka semakin tinggi motivasi belajar siswa. (3) Ada hubungan yang positif antara layanan konseling kelompok dan penyesuaian diri dengan motivasi belajar dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung 16,880 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya ada hubungan yang positif antara layanan konseling kelompok dan penyesuaian diri dengan motivasi belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini, maka sekolah memiliki peran penting dalam memantau dan memperhatikan pelaksanaan layanan konseling kelompok, dan guru dapat meningkatkan penyesuaian diri yang baik dan positif pada siswa sehingga akan berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan konseling kelompok, penyesuaian diri, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:47
Last Modified: 11 Sep 2023 03:47
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6959

Actions (login required)

View Item View Item