Han Tresna Vadzilla, 14144200046 (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SEWON TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
HAN TRSENA_EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan untuk meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VII SMP N 3 Sewon tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan jenis one group pre-test post-test design. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP N 3 Sewon yang berjumlah 10 siswa yang dipilih dengan metode purposive sampling technique. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik uji-t antar ulangan. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis terbukti bahwa layanan bimbingan kelompok teknik permainan efektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VII SMP N 3 Sewon tahun pelajaran 2017/2018. Dari hasil uji t diperoleh nilai t = 15.719 dengan nilai p = 0,000 < 0,05 yang berarti ada peningkatan interaksi sosial siswa antara sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan. Hal tersebut menunjukkan pemberian layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik permainan efektif dalam upaya meningkatkan interaksi sosial siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan kelompok, teknik permainan, interaksi sosial |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:37 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 03:37 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6956 |
Actions (login required)
View Item |