IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGATASI LEMAHNYA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 GAMPING TAHUN AJARAN 2017/2018

Estri Hana Lokatami, 11144200123 (2018) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGATASI LEMAHNYA KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 3 GAMPING TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
ESTRI_IMPLEMENTASI BIMBINGAN KELOMPOK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Implementasi Bimbingan Kelompok dalam Mengatasi Lemahnya Komunikasi Antarpribadi Peserta Didik Kelas VIII SMP N 3 Gamping Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bimbingan kelompok dalam mengatasi lemahnya komunikasi antarpribadi peserta didik di kelas VIII SMP N 3 Gamping Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi data reduction, data display, conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bimbingan kelompok dalam mengatasi lemahnya komunikasi antarpribadi peserta didik merupakan pelaksanaan dari pembelajaran yang terjadi dalam proses timbal balik antara guru BK dan siswa, untuk memperoleh pengetahuan, ilmu, pemahaman dan kepandaian, dengan memaksimalkan potensi otak, adanya kerbukaan dalam diri, sosial yang baik, dan dapat merubah sikap yaitu peningkatan komunikasi antar pribadi siswa yang terdiri dari empat tahap. Tahap awal sebagai tahap persiapan pembentukan kelompok siswa dilakukan dengan melibatkan seluruh anggota atau siswa. Tahap peralihan dilakukan dengan meningkatkan keikutsertaan siswa dalam kegiatan bimbingan kelompok. Tahap kegiatan dilakukan dengan pelaksanaan bimbingan konseling sesuai dengan topik yang telah ditetapkan, pemimpin kelompok membagikan materi kepada anggota kelompok untuk dibaca dan dipahami terlebih dahulu. Kemudian ketua kelompok memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya atas topik tersebut. Tahap pengakhiran dilakukan dengan menyimpulkan hasil pembahasan permasalahan kemudian pemimpin kelompok dan anggota kelompok diberikan kesempatan untuk mengemukakan kesan-kesan dan harapan serta hasil kegiatan yang telah dicapai. Dengan tujuan utama yaitu meningkatkan komunikasi antar pribadi peserta didik dengan indikator siswa saling menanggapi informasi yang diterima di dalam hubungan antarpribadi siswa, siswa memiliki rasa empati yaitu merasakan apa yang dirasakan orang lain, siswa saling mendukung dan mensupport satu sama lain, siswa mendorong orang lain lebih aktif berpartisipasi dalam belajar dan bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Komunikasi, Antarpribadi
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:50
Last Modified: 11 Sep 2023 02:50
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6947

Actions (login required)

View Item View Item