Epon Poniawati, 15144200024 (2019) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SEWON TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
EPON_PENGARUH SELF EFFYCACY.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Pengaruh Self Efficacy terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sewon tahun ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, April 2019. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sewon tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di Sewon Kabupaten Bantul D.I Yogyakarta pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional dan jumlah sampel seluruhnya sebanyak 96 orang. Pengukuran untuk variabel self efficacy menggunakan kuesioner (angket) dan untuk variabel hasil belajar menggunakan intrumen dokumentasi nilai PTS (penilaian tengah semester). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment Pearson dan menggunakan koefisien korelasi bivariate sebagai alat statistik yang dapat mengukur besarnya korelasi dengan tarap signifikansi (2-tailed) < 0.05. Hasil penelitian diperoleh data r sebesar 0.884 dan nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Koefisien korelasi yang dihasilkan positif sehingga menunjukkan hubungan yang terjadi searah. Hal ini berarti semakin tinggi self efficacy siswa semakin tinggi pula hasil belajarnya, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif self efficacy terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sewon tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self efficacy, Hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 02:48 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 02:48 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6946 |
Actions (login required)
View Item |