PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA SISWA KELAS VII A SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ELI YANI, 14144200098 (2018) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA SISWA KELAS VII A SMP PGRI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Remaja Siswa Kelas VII A SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. November 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap penyesuaian sosial pada remaja siswa kelas VII A di SMP PGRI Kasihan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI Kasihan Tahun Ajaran 2018/2019 sebesar 90 siswa. Sampel dalam penelitian ditentukan sebesar 30 siswa dengan menggunakan teknik sampling purposive. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap penyesuaian sosial pada remaja siswa kelas VII A di SMP PGRI Kasihan Tahun Ajaran 2018/2019 dengan mengetahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,612 dan p = 0,000 < 0,05. Dengan demikian semakin tinggi konsep diri maka semakin baik penyesuaian sosial siswa, sebaliknya semakin rendah konsep diri maka semakin kurang penyesuaian sosial siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program layanan secara efektif dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep diri yang baik dan peningkatan penyesuaian sosial yang baik pada siswa. Konsep diri berperan penting dalam pembentukan sikap dan karakter siswa sehingga perlu adanya perhatian khusus untuk dapat meningkatkan pengembangan penyesuaian sosial siswa pada lingkungannya sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, penyesuaian sosial
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:08
Last Modified: 04 Sep 2023 07:08
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6923

Actions (login required)

View Item View Item