PENGARUH PENDEKATAN BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA 2 SMK N 2 SEWON TAHUN 2018/2019

Eka Munaroh, 15144200036 (2019) PENGARUH PENDEKATAN BEHAVIOR DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA 2 SMK N 2 SEWON TAHUN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Pendekatan Behavior dengan Teknik Self Management Terhadap Konsep Diri pada Siswa Kelas X Tata Busana 2 SMK N 2 Sewon tahun 2018/2019. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. April 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan behavior dengan teknik self management terhadap konsep diri pada siswa kelas X Tata Busana 2 SMK N 2 Sewon Tahun 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana 2 SMK N 2 Sewon Tahun 2018/2019 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan behavior dengan teknik self management terhadap konsep diri pada siswa kelas X Tata Busana 2 SMK N 2 Sewon Tahun 2018/2019 sebesar 39,3%. Dengan demikian semakin efektif pendekatan behavior dengan teknik self management maka semakin baik konsep diri siswa, sebaliknya semakin kurang efektif pendekatan behavior dengan teknik self management maka semakin kurang konsep diri siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan behavior dengan teknik self management yang efektif dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa dalam pengelolaan diri sehingga konsep diri siswa semakin lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan behavior, self management, konsep diri
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:05
Last Modified: 04 Sep 2023 07:05
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6922

Actions (login required)

View Item View Item