HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GAMPING TAHUN AJARAN 2017/2018

Dwi Apri Lestari, 14144200115 (2018) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GAMPING TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hubungan antara Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gamping Tahun Ajaran 20172018, Skripsi, Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bimbingan kelompok melalui media audio visual dengan motivasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gamping Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gamping Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 178 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil sampel sebesar 89 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif bimbingan kelompok melalui media audio visual dengan motivasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gamping Tahun Ajaran 2017/2018 dengan diketahui nilai koefisien korelasi rhitung sebesar 0,539 dengan p = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin efektif pelaksanaan bimbingan kelompok melalui media audio visual maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang efektif bimbingan kelompok melalui media audio visual maka semakin rendah motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling khususnya bimbingan kelompok melalui media audio visual yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan potensi diri siswa tentang proses dan tujuan belajar, serta motivasi belajar siswa sehingga dapat berjalan lebih baik. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling mampu mengembangkan program kegiatan yang positif pada siswa sehingga dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, media audio visual, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:02
Last Modified: 04 Sep 2023 07:02
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6921

Actions (login required)

View Item View Item