PERAN GURU BK DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Dwi Tyas Sariningsih, 14144200092 (2018) PERAN GURU BK DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku bullying dan faktor-faktor yang menyebabkan bullying di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan wawancara kepada Guru Bimbingan dan Konseling, wawancara kepada siswa, dan wawancara kepada Waka Kesiswaan. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta pengujian keabsahan data menggunakan metode Triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku bullying adalah dengan memberikan arahan dengan layanan konseling kelompok dengan teknik diskusi dan mediasi serta mempertemukan antara pelaku dan korban. Sehingga guru BK dapat menyelesaikan masalah tanpa merugikan satu sama lain. Selain itu banyak faktor yang dapat menyebabkan perilaku bullying seperti keadaan ekonomi keluarga, kesibukan orangtua, kurang perhatian dari orangtua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK, Bullying
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 04 Sep 2023 05:39
Last Modified: 04 Sep 2023 05:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6919

Actions (login required)

View Item View Item