DIAN YUNI ARDIAN NINGRUM, 14144200101 (2018) PENGARUH MANAJEMEN DIRI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengaruh Manajemen Diri terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP N 10 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Agustus 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen diri terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP N 10 Yogyakarta tahun ajaran 2017/ 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 10 Yogyakarta tahun ajaran 2017/ 2018 yang berjumlah 170 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 43 anak dengan menggunakan teknik quota random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis stastistik rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif manajemen diri terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP N 10 Yogyakarta tahun ajaran 2017/ 2018 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,531 dengan p = 0,000 lebih kecil dari = 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin baik pelaksanaan manajemen diri maka semakin tinggi kepercayaan diri siswa, sebaliknya semakin kurang pelaksanaan manajemen diri maka semakin kurang kepercayaan diri siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan manajemen diri yang efektif akan mengembangkan kemampuan dan potensi diri siswa sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen diri, kepercayaan diri, siswa |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:54 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 04:54 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6916 |
Actions (login required)
View Item |