PENGARUH MANAJEMEN EMOSI TERHADAP KEKERASAN FISIK DIRI SENDIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2017/2018

DEWI LILIANI, 14144200074 (2018) PENGARUH MANAJEMEN EMOSI TERHADAP KEKERASAN FISIK DIRI SENDIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Manajemen Emosi Terhadap Kekerasan Fisik Diri Sendiri Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Seyegan Tahun 2017 / 2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen emosi terhadap kekerasan fisik diri sendiri pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seyegan Tahun 2017 / 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seyegan Tahun 2017/2018 sebesar 192 siswa. Sampel dalam penelitian ditentukan sebesar 96 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen emosi terhadap kekerasan fisik diri sendiri pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Seyegan tahun 2017/2018 dengan mengetahui nilai koefisien korelasi sebesar 0,268 dan p = 0,008 < 0,05. Dengan demikian semakin baik manajemen emosi maka semakin rendah kekerasan fisik diri sendiri pada siswa, sebaliknya semakin kurang manajemen emosi maka semakin tinggi kekerasan fisik diri sendiri siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu melaksanakan program layanan secara efektif dalam upaya meningkatkan pemahaman manajemen emosi yang baik dan pengendalian kekerasan fisik diri sendiri. Manajemen emosi berperan penting dalam pembentukan sikap dan karakter siswa sehingga perlu adanya perhatian khusus untuk dapat mengendalikan terjadinya kekerasan fisik diri sendiri sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:38
Last Modified: 04 Sep 2023 04:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6913

Actions (login required)

View Item View Item