PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP PGRI KASIHAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Dayu Pramantika Maharani, 13144200183 (2018) PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP PGRI KASIHAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana cara Guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan penyesuaian diri pada siswa, (2) untuk mengetahui bagaimana cara guru bimbingan dan konseling mengatasi siswa yang penyesuaian diri rendah., (3) untuk mengetahui kendala – kendala guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan Guru bimbingan dan Konseling. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan angket.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis data sebelum di lapangan dan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Untuk meningkatkan penyesuaian diri siswaGuru BK memberikan strategi dengan membuat kelompok belajar atau kelompok diskusi., (2) untuk mengatasi penyesuaian diri siswa yang rendah Guru Bimbingan dan Konseling melakukan pendekatan siswa, yaitu dengan di berikan bimbingan dan penjelasan tentang tata tertib agar siswa dapat menyesuaikan diri secara baik., (3) Kendala yang dialami dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa adalah kemampuan bersosialisasi anak yang berbeda– beda, menutup diri, dan perbedaan kondisi fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK, Penyesuaian Diri
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:17
Last Modified: 04 Sep 2023 04:17
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6907

Actions (login required)

View Item View Item