PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SELF-CONTROL SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

BAGUS RAMADA, 14144200003 (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SELF-CONTROL SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Upaya Meningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. September 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan upaya meningkatan pemahaman Self-Control Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta yang berjumlah 62 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil sebesar 62 siswa dengan teknik purposive sampling.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruhyang positif dan signifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan upaya meningkatan pemahaman Self-Control Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta dengan diketahui nilai koefisien korelasi rhitung sebesar 0,389 dengan p = 0,002 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin efektif layanan bimbingan kelompok maka semakin tinggi self-control siswa, sebaliknya semakin kurang efektif pelaksanaan layanan bimbingan kelompok maka semakin rendah self-control siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling khususnya bimbingan kelompok dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang self-control sehingga terbentuk perilaku dan sikap siswa yang lebih baik. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling mampu mengembangkan program kegiatan yang positif pada siswa sehingga dapat meningkatkan self-control dan membentuk sikap yang positif pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, kontrol diri
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:01
Last Modified: 04 Sep 2023 04:01
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6904

Actions (login required)

View Item View Item