HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 4 PANDAK BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Ariel Triyan Wijaya, 14144200125 (2018) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N 4 PANDAK BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pandak Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pandak Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pandak Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 110 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil sampel sebesar 55 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pandak Tahun Ajaran 2017/2018 dengan diketahui nilai koefisien korelasi rhitung sebesar 0,489 dengan p = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin baik interaksi teman sebaya maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang interaksi teman sebaya maka semakin rendah motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling khususnya bimbingan kelompok yang efektif dalam meningkatkan interaksi teman sebaya dan motivasi belajar siswa. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling mampu mengembangkan program kegiatan yang positif pada siswa sehingga interaksi teman sebaya berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interaksi teman sebaya, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:41
Last Modified: 04 Sep 2023 03:41
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6901

Actions (login required)

View Item View Item