PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK N 1 PEJAWARAN TAHUN AJARAN 2018/2019

AMALIA PRIHASTANTI, 15144200129 (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK N 1 PEJAWARAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK N 1 Pejawaran Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui kondisi motivasi belajar siswa kelas X SMK N 1 Pejawaran Tahun Ajaran 2018/2019, 2) mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok melalui media audio visual berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK N 1 Pejawaran Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK N 1 Pejawaran Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Pejawaran dengan tingkat motivasi belajar siswa yang rendah sebanyak 10% dari populasi yaitu sebanyak 10 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data yang digunakan uji Wilcoxon yaitu membandingkan hasil dari pretest dan postest motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) berdasarkan observasi dan wawancara motivasi belajar siswa kelas X SMK N 1 Pejawaran Tahun Ajaran 2018/2019 masih rendah, berdasarkan sebaran skala motivasi belajar siswa dengan kategori rendah yaitu 33 siswa (32,4%), pada kategori sedang yaitu 69 siswa (67,6%), 2) ada pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan layanan Bimbingan Kelompok menggunaan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMK N 1 Tahun Ajaran 2018/2019 yaitu dengan nilai sig. = 0,008 < 0,05. The Influence of Guidance Groups Through Audio Visual Media in Improving Learning Motivation for Class X Students of SMK N 1 Bidder in Academic Year 2018/2019. The study aims to: 1) find out the conditions of learning motivation of class X students of SMK N 1 Pejawaran Academic Year 2018/2019, 2) find out whether group guidance services through audio visual media affect the learning motivation of class X SMK N 1 Offer Academic Year 2018/2019 . This type of research is an experimental study with one group pre-test and post-test design. The population in this study was class X students of SMK N 1 Pejawaran Academic Year 2018/2019 which amounted to102 students. The sample of this study was the tenth grade students of SMK N 1 Pejawaran with a low level of student learning motivation as much as 10% of the population, as many as 10 students. The technique used in sampling is purposive sampling. The data analysis used the Wilcoxon test is to compare the results of the pretest and posttest of student learning motivation. The results showed 1) based on observation and interview learning motivation of class X students of SMK N 1 Pejawaran Academic Year 2018/2019 is still low, based on the distribution of students' learning motivation scale with a low category of 33 students (32.4%), in the medium category namely 69 students (67.6%), 2) there is a significant effect of the implementation of Guidance Group services using audio visual media in increasing the learning motivation of class X students of N 1 Vocational High School 2018/2019 in the sig. = 0.008 <0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Bimbingan Kelompok, Media Audio Visual
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:18
Last Modified: 04 Sep 2023 03:18
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6896

Actions (login required)

View Item View Item