HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA DENGAN PERENCANAAN STUDI LANJUT SISWA KELAS VIII SMP N 4 PANDAK TAHUN AJARAN 2017/2018

Abdul Rahman Khoger, 14144200004 (2018) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA DENGAN PERENCANAAN STUDI LANJUT SISWA KELAS VIII SMP N 4 PANDAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hubungan Antara Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Sosiodrama Dengan Perencanaan Studi Lanjut Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pandak Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara layanan bimbingan kelompok mengunakan teknik sosiodrama dengan perencanaan studi lanjut siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pandak Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pandak Bantul Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 101 siswa. Sampel dalam penelitian ditentukan sebanyak 50 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama dengan perencanaan studi lanjut siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pandak Bantul Tahun Ajaran 2017/2018 dengan mengetahui nilai koefisien korelasi adalah 0,465 dan p = 0,001 < 0,05. Dengan demikian semakin efektif pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama maka semakin baik perencanaan studi lanjut siswa, sebaliknya semakin kurang efektif pelaksanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama maka semakin kurang perencanaan studi lanjut siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program layanan bimbingan kelompok terutama dengan teknik sosiodrama dalam upaya meningkatkan pemahaman dan potensi siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama yang efektif akan terwujud siswa yang mempunyai pemahaman karir yang baik dan lebih percaya diri sehingga mudah dalam merencanakan karir studi lanjut yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:47
Last Modified: 04 Sep 2023 02:47
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6892

Actions (login required)

View Item View Item