ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM (Studi Kasus pada UKM Kerajinan Kulit Manding Bantul)

M. Irene Zepri Sisteria, 12133100041 (2016) ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM (Studi Kasus pada UKM Kerajinan Kulit Manding Bantul). Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di era global seperti saat ini perusahaan diharuskan untuk meningkatkan efisiensi serta efektivitas proses produksinya agar dapat meningkatkan daya saingnya, persaingan di dunia global saat ini tidak hanya menuntut perusahaan untuk memproduksi barang sebanyak-banyaknya namun bagaimana produsen barang tersebut tepat dalam metode perhitungan harga produksinya. Apabila perhitungan harga pokok produksi kurang tepat dalam perhitungannya, maka yang akan terjadi adalah harga barang produksi terlalu mahal sehingga produk tidak diminati konsumen, sebaliknya apabila harga terlalu rendah memang akan menarik minat konsumen untuk membeli produk hasil produksi perusahaan namun hal ini menyebabkan hasil penjualan tidak dapat menutup biaya produksi apabila keadaan ini terus berlanjut maka dapat menyebabkan kebangkrutan perusahaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perhitungan harga pkok produksi dengan sistem tradisional dan activity based costing yang dilakukan pada UKM kerajinan kulit Manding yang memproduksi tas dan dompet Hasil penelitian keseluruhan adalah harga pokok produksi dengan sistem activity based costing pada tas dan dompet di 2 UKM Manding lebih besar daripada sistem tradisional. Perbedaan yang terjadi antara harga pokok sistem tradisional dan activity based costing disebabkan karena pembebanan overhead pada activity based costing disesuaikan dengan aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam pembuatan dompet. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan sistem activity based costing untuk menentukan harga pokok produksi pada UKM kerajinan kulit Manding tidak efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produksi, Sistem Tradisional, Sistem Activity Based Costing, Efisiensi
Subjects: Ekonomi > Mikro Ekonomi
Teknik > Manufaktur/Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 10 May 2016 04:05
Last Modified: 10 May 2016 04:16
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item