INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI SMAN 1 GODEAN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ERNI WIDIARTI, 12255140006 (2016) INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA DI SMAN 1 GODEAN SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu (1) untuk mengetahui proses integrasi nilai-nilai pendidikan keluarga dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter siswa di SMAN 1 Godean. Sedangkan tujuan yang ke (2) adalah untuk mengetahui proses integrasi nilai-nilai pendidikan keluarga dalam pembiasaan di sekolah untuk membangun karakter siswa di SMAN 1 Godean. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Adapun tempat penelitian di SMAN 1 Godean. Waktu penelitian pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2015. Subjek penelitian adalah guru, siswa kelas X MIPA-IPS, kepala sekolah dan guru bimbingan konseling. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan metode diskriptif kualitatif dengan model interaktif yang meliputi: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkandua hal, (1) proses integrasi nilai-nilai pendidikan keluarga dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter siswa dapat dilakukan dengan cara melihat kompetensi inti dan kompetensi dasarnya serta dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai pula. (2) proses integrasi nilai-nilai pendidikan keluarga dalam pembiasaan di sekolah untuk membangun karakter siswa dapat dilakukan dengan menanamkan kebiasaan dan suri tauladan yang baik serta menerapkan visi dan misi untuk mendidik siswa agar tidak hanya pandai dalam hal kognitif saja tetapi juga berkarakter yang positif.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Keluarga, dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaaan
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 04 May 2016 03:40
Last Modified: 04 May 2016 03:40
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item