PENGEMBANGAN INSTRUMEN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Siska Candra Ningsih, FKIP Universitas PGRI Yogyakarta (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. Universitas PGRI Yogyakarta. pp. 1-6.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_siska.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen minat belajar matematika siswa SMP yang valid dan reliabel. Variabel yang diamati atau diukur dalam penelitian ini adalah berupa instrumen minat belajar matematika siswa SMP dengan subyek penelitian siswa SMP Ali Maksum Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang memiliki lima tahapan (fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi dan revisi, dan fase implementasi). Pada penelitian ini instrumen minat yang dikembangkan dibatasi pada pengembangan angket minat belajar matematika siswa SMP. Untuk menguji validitas angket digunakan validitas isi yang dilakukan oleh ahli dan validitas butir dengan menggunakan tekhnik korelasi product mement yang dikemukakan oleh Pearson. Dari 15 butir pernyataan yang telah disusun terdapat 2 butir pernyataan yang memiliki angka korelasi r < 0, 600. Angket direvisi sesuai dengan masukan ahli dan dua butir pernyataan yang memiliki angka korelasi rendah dihilangkan sehingga diperoleh angket yang valid. Uji reliabilitas menggunakan tekhnik Alpha Cronbrach. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien reliabilitas instrumen r11 = 0. 9278 yang bermakna reliabilitas alat ukur ini sangat tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, minat belajar,validitas,reliabilitas
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Matematika
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 20 Feb 2016 05:06
Last Modified: 20 Feb 2016 05:06
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item