Selly Rahmawati, M.Pd, Universitas PGRI Yogyakarta (2015) ANALISIS KEBIJAKAN PENDANAAN PENDIDIKAN. In: Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia.
|
Text
artikel selly.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perumusan kebijakan pendanaan pendidikan, implementasinya serta bagaimana analisisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kebijakan dengan model analisis kebijakan retrospektif dan jenis analisis proses kebijakan. Dalam penelitian ini analisis proses kebijakan saya batasi pada proses perumusan dan implementasinya.Metode analisis kebijakan yang digunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) proses perumusan kebijakan pendanaan pendidikan mencerminkan kurangnya komitmen dan political will dari Pemerintah dan DPR. (2) Implementasi kebijakan pendanaan pendidikan 20% dari APBN dan APBD telah dilakukan oleh pemerintah. Namun hal tersebut masih belum memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia mengingat anggaran 20% tersebut termasuk gaji pendidik dan biaya kedinasan. (3) Hasil analisis kebijakan pendanaan pendidikan adalah bahwa sikap pemerintah yang terus berupaya menyiasati pemenuhan alokasi anggaran 20 persen untuk sektor pendidikan berangkat dari dua hal. Pertama, tidak ada niat baik pemerintah untuk memenuhi amanat konstitusi. Atau,kedua, pemerintah tidak menempatkan pendidikan sebagai sektor prioritas dalam mendorong kemajuan bangsa.Saran peneliti adalah meninjau ulang alokasi pendanaan pendidikan 20% dana dari APBN dan APBD untuk pendidikan diluar gaji pendidik dan biaya kedinasan adalah sebuah keharusan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis kebijakan, pendanaan, pendidikan |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Administrasi Sekolah |
Divisions: | Prosiding |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 13 Feb 2016 02:17 |
Last Modified: | 13 Feb 2016 02:17 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/417 |
Actions (login required)
View Item |