UPAYA PENINGKATAN KONSEP DIRI, PERILAKU SISWA, DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI

Sumarjo, UPY and Salamah, UPY (2015) UPAYA PENINGKATAN KONSEP DIRI, PERILAKU SISWA, DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI. In: Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015.

[img]
Preview
Text
FK43_Sumarjo FIX 262-267.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri, perilaku dan hasil belajar siswa melalui penerapan teknik klarifikasi nilai dalam pembelajaran IPS di kelas VIII B SMPN 9 Yogyakarta SMPN 9 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 9 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) melalui penerapan teknik klarifikasi nilai dapat meningkatkan konsep diri siswa terbukti pada pra siklus 50% siswa mempunyai konsep diri positif, meningkat pada siklus I 82,35% dan pada siklus II meningkat menjadi 88.24% siswa mempunyai konsep diri positif dan sangat positif. 2) Melalui penerapan teknik klarifikasi nilai dapat meningkatkan perilaku siswa, terbukti pada pra siklus rerata persentase siswa yang berperilaku baik dan sangat baik pada pra siklus sebesar 48,53% meningkat pada siklus I 63,97% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,24% 3) Melalui penerapan teknik klarifikasi nilai dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIIIB SMPN 9 Yogyakarta, pada pra siklus siswa yang mempunyai predikat baik adalah 29.41%, meningkat pada siklus I menjadi 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 97.06%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, perilaku siswa, hasil belajar, teknik klarifikasi nilai
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Murid, siswa, pelajar: OSIS, kegiatan ekstrakulikuler
Divisions: Prosiding
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 05 Feb 2016 03:22
Last Modified: 05 Feb 2016 03:22
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item