Yeni Salindri, Universitas PGRI Yogyakarta and Salamah, Pascasarjana UPY (2022) PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENGEMBANGAN EMOSI SOSIAL PESERTA DIDIK. Sosialita Vol.17 No.1 , 2022.
|
Text
pendidikan-karakter.pdf Download (611kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam pengembangan emosional, pelaksanaan pendidikan karakter dan faktor penghambat serta solusi pendidikan karakter dalam pembentukan kecerdasan emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Mts. M. Basuni Imran, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Waktu penelitian dilakukan dari bulan Januari sampai dengan bulan April 2021. Subjek penelitian adalah guru dan kepala sekolah yang menerapkan pendidikan karakter pada pengembngan emosi sosial peserta didik kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara semi terstruktur, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembentukan kecerdasan emosional peserta didik; (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan emosional peserta didik sudah terlaksana dengan baik.; (3) Hambatan pendidikan karakter dalam pengembangan emosional peserta didik adalah krisis keteladanan dari orang tua dan masyarakat di lingkungan tempat tinggal, serta lingkungan di luar sekolah yang menghambat pembentukan karakter, yakni pengaruh lingkungan pergaulan remaja dewasa ini, kerusakan akhlak dalam lingkungan masyarakat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, Pengembangan, Emosi Sosial |
Subjects: | Pertanian |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 05:01 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 05:01 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3777 |
Actions (login required)
View Item |