John Sabari, UPY and Wibawa, UPY and Marti Widya Sari, UPY (2015) VISUALISASI AJARAN BODHISATTVA PADA RELIEF CANDI BOROBUDUR MENGGUNAKAN 3D STUDIO MAX. In: Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015.
|
Text
FK37_John Sabari FIX 226-229.pdf Download (281kB) | Preview |
Abstract
Borobudur merupakan salah satu candi Budha terbesar di dunia dan sudah menjadi obyek penelitian sejak dulu, baik oleh para arkeolog maupun para ahli seni rupa. Meskipun sudah banyak dijadikan obyek penelitian, tetapi Borobudur masih menyimpan banyak misteri lain, sehingga tidak ada habisnya untuk diteliti kembali. Candi Borobudur sebenarnya adalah kitab tertulis yang dimanifestasikan dalam bentuk rupa, relief dan patung. Dengan mempelajari panel-panel bidang relief pada Candi Borobudur, hingga patung-patung di akhir perjalanan mengitari Borobudur, maka seorang calon pendeta Buddha bisa belajar. Pada setiap relief mengandung pesan dan makna tertentu yang tidak semua pengunjung akan paham jalan ceritanya ketika melihatnya apalagi hanya sekilas. Melalui latar belakang tersebut, maka fokus penelitian yang akan dibuat adalah memvisualisasikan cerita yang ada pada relief Candi Borobudur menggunakan aplikasi 3D Studio Max. Cara penelitian yang dilakukan yaitu melalui studi literatur, observasi lapangan, pengambilan data berupa gambar dan suara di lokasi penelitian, pengolahan data gambar menggunakan 3D Studio Max kemudian mendemonstrasikan hasilnya kepada mahasiswa Program Studi Sejarah, kemudian menganalisa hasilnya. Hasil visualisasi yang dibuat dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran untuk bidang sejarah.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relief, Candi Borobudur, Visualisasi Relief Candi, 3D Max |
Subjects: | Komputer > Komputer Grafis Agama > Agama Buddha |
Divisions: | Prosiding |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 05 Feb 2016 02:35 |
Last Modified: | 05 Feb 2016 02:35 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/372 |
Actions (login required)
View Item |