Agani, PGSD, UPY and Wahyu Kurniawati, UPY (2022) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Gugus 1 Piyungan Bantul. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Agani.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada masa pandemik covid-19 saat ini dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring mengakibatkan guru tidak dapat secara langsung melaksanakan proses pembelajaran, sehingga orang tua yang memiliki peran dalam memberikan bimbingan belajar terhadap anak secara langsung. Bimbingan belajar tidak semuanya dapat berjalan secara optimal karena keterbatasan kemampuan orang tua dalam mendidik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua dalam pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD gugus 1 Piyungan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif survey dengan jumlah populasi siswa kelas V SD gugus 1 Piyungan sebanyak 157 siswa. Jumlah sampel yaitu 116 yang diambil menggunakan rumus slovin dengan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai PTS tematik semester II. Pengujian data hasil penelitian menggunakan regresi sederhana. Proses uji analisis data dibantu dengan menggunkan program SPSS 23. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dalam pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa. Analisis data menghasilkan nilai harga t hitung sebesar 3,899 dengan signifikasi 0,000, maka didapatkan t tabel = 1,980, dimana dapat dilihat dari t hitung > t tabel = 3,899>1,980, dan nilai signifikasi 0,000<0,05.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan belajar, orang tua, pembelajaran daring, prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:45 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:45 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3611 |
Actions (login required)
View Item |