Pendididkan Karakter Pada Pembelajaran IPS Sebagai Pengamalan Nilai Moral Peserta Didik

Subiyah, Pascasarjana UPY and Salamah, Pascasarjana UPY (2021) Pendididkan Karakter Pada Pembelajaran IPS Sebagai Pengamalan Nilai Moral Peserta Didik. Jurnal Sosialita Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. SosialitaNov21.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pendidikan karakter, faktor pendukung dan pemnghambat pendididkan karakter pada pembelajaran IPS sebagai pengamalan nilai moral. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek peserta didik kelas IX SMP IT Bina Umat Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif, naratif menurut Milesdan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dilakukan dengan mengintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS sesuai dengan kompetensi nilai moral yang harus dibentuk dalam kurikulum 2013. Faktor pendukung antara lain: kinerja pengurus, interaksi antara pendidik dan peserta didik, porses pembelajaran, dukungan orangtua, tokoh masyarakat dan warga setempat, lokasi yang strategis. Faktor pemnghambat antara lain: masih ada pelanggaran yang dilakukan oleh siswa, keterbatasan TIM guru tata tertib, belum terlibatnya seluruh siswa dalam kegiatan Idul Adha, beberapa siswa masih membuang sampah sembarangan, pemanfaatan kotak saran sebagai sarana penyampaian saran dan kritik kepada sekolah sangat minim dilakukan oleh siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS, Pengamalan Nilai Moral.
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Pendidikan > Sosiologi Pendidikan: aspek sosial dalam pendidikan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 08 Apr 2022 04:22
Last Modified: 08 Apr 2022 04:22
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3469

Actions (login required)

View Item View Item