PENINGKATAN MINAT, KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE

Deni Tinursani, Pascasarjana UPY and Salamah, Pascasarjana UPY (2022) PENINGKATAN MINAT, KEAKTIFAN, DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE. Jurnal Sosialita Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. ArtikelDeniTinursani&Salamah.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan minat, keaktifan,dan hasil belajar Sosiologi melalui model pembelajaranthink pair share pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 32 orang. dengan prosedur umum meliputi tahapan planning, acting, observing, dan reflecting. Adapun metode pengambilan data dengan observasi, angket, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan think pair share dapat meningkatkan minat, keaktifan, dan hasil belajar Sosiologi pada peserta didik. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan peningkatan minat belajar yang pada tahap prasiklus sebesar 0% menjadi 3,137% pada siklus 1, kemudian pada siklus 2 menjadi 78,13% dengan kategori minimal baik; peningkatan keaktifan belajar yang pada tahap prasiklus sebesar 0% menjadi 40,63% pada siklus 1, kemudian meningkat menjadi 90,63% dengan kategori minimal baik pada siklus 2; dan peningkatan hasil belajar yang pada tahap prasiklus sebesar 12,50% menjadi 59,38% pada siklus 1, kemudian meningkat menjadi 100% pada siklus 2.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, keaktifan belajar, hasil belajar, think pairshare
Subjects: Pendidikan > Sosiologi Pendidikan: aspek sosial dalam pendidikan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:59
Last Modified: 08 Apr 2022 03:59
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item