Uri Wahyuni, 11144600124 (2015) PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDN JIGUDAN TRIHARJO PANDAK BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel Uri Wahyuni (11144600124).pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter siswa di SDN Jigudan Triharjo Pandak Bantul, mengetahui karakter siswa yang terbentuk di SDN Jigudan Triharjo Pandak Bantul, dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk karakter siswa di SDN Jigudan Triharjo Pandak Bantul. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2015 di SDN Jigudan Triharjo Pandak Bantul. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah, murid, dan orang tua murid di SDN Jigudan Triharjo Pandak Bantul. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu menggunakan berbagai teknik dalam pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan menggunakan sumber data yang beragam seperti sumber data yang berasal dari guru kelas, kepala sekolah, murid, dan orang tua murid. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa peran guru dalam membentuk karakter siswa berpengaruh terhadap karakter yang ditampilkan siswa di SDN Jigudan; nilai-nilai karakter yang terbentuk pada siswa di SDN Jigudan yaitu religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, toleransi, cinta damai, demokratis, komunikatif, menghargai prestasi, nasionalisme, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial, dan integritas; faktor pendukung dalam membentuk karakter siswa adalah guru sudah paham secara benar mengenai konsep dan aplikasi pendidikan karakter, sarana dan prasarana sekolah yang menunjang dalam pembelajaran dan proses pendidikan karakter, dan guru berperan aktif dalam pendidikan karakter sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik yang mempunyai tabiat yang kurang baik dan faktor keluarga, faktor lingkungan masyarakat yang kurang mendukung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, karakter siswa, SDN Jigudan |
Subjects: | Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Guru/Tenaga Pendidik, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 02 Feb 2016 01:37 |
Last Modified: | 02 Feb 2016 01:37 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/318 |
Actions (login required)
View Item |