PENGARUH KONFLIK PERAN DAN WEWENANG PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PENGRAJIN BATIK BERKAH LESTARI DI DESA GIRILOYO WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL

Harnadi, 11133200049 (2015) PENGARUH KONFLIK PERAN DAN WEWENANG PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PENGRAJIN BATIK BERKAH LESTARI DI DESA GIRILOYO WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik peran dan wewenang pekerjaan terhadap kepuasan kerja karyawan Pengrajin Batik Berkah Lestari Di Desa Giriloyo Wukirsari Imogiri Bantul. Penelitian ini dilakukan d Pengrajin Batik Berkah Lestari di desa Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul pada awal tahun 2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Uji validitas dan realibilitas dilakukan terhadap 50 responden (semua karayawan) dengan hasil seluruh 8 item pertanyaan konflik peran valid dan reliable, 9 item pertanyaan wewenang pekerjaan valid dan reliable, 9 item pertanyaan kepuasan kerja valid dan reliable. Populasi dari penelitian ini adalah semua karyawan 50 orang. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang dilanjutkan dengan uji t dan uji F dengan taraf signifikansi 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan pada konflik peran terhadap kepuasan kerja karyawan yang di tunjukan oleh nilai β1 0,087, nilai t 0,731 dan (sig) sebesar 0,468. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikansi pada wewenang pekerjaan terhadap kepuasan kerja yang ditunjukkan oleh nilai β2 0,580, nilai t 4,876, dan (sig) sebesar 0,00.(3) terdapat pengaruh positif konflik peran dan wewenang pekerjaan secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja karyawan yang di tunjukkan dengan nilai F 11,978 , nilai sig. 0,00 dan nilai R² sebesar 0,309. Ini berarti 30,9% kepuasan kerja karyawan dijelaskan oleh konflik peran dan wewenang pekerjaan. Sedangkan 69,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengolahan data dilakukan dengan program komputer SPSS for Windows versi 18.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konflik peran , wewenang pekerjaan,kepuasan kerja karyawan
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Kesenian > Seni menggambar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 30 Jan 2016 02:34
Last Modified: 30 Jan 2016 02:34
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item