HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SRANDAKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014 / 2015

Proklamandika Ari Satriya, 10144200193 (2015) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SRANDAKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Proklamandika Ari Satriya (10144200193).pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa, (2) hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, (3) hubungan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Srandakan Tahun Ajaran 2104/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Srandakan Tahun Ajaran 2104/2015 yang berjumlah 152 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling yakni sejumlah 76 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,329 dengan p = 0,004 < 0,05, yang berarti semakin tinggi perhatian orang tua terhadap siswa akan meningkatkan prestasi belajar siswa, (2) Ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,395 dengan p = 0,001 < 0,05, yang berarti semakin tinggi motivasi belajar pada siswa akan meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) Ada hubungan positif antara perhatian orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 11,685 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin tinggi perhatian orang tua terhadap siswa dan semakin tinggi motivasi belajar siswa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Implikasi dalam penelitian ini, sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi belajar secara efisien dan orang tua berperan dalam memberikan perhatian yang tinggi sehingga akan berpengaruh terhadap meningkatnya prestasi belajar siswa yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kemauan: motivasi, brainwashing, persuasi
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 30 Jan 2016 02:20
Last Modified: 30 Jan 2016 02:20
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item