HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN WAKTU LUANG DAN KENAKALAN PADA REMAJA DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SMP N 2 PANDAK BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015

NATAS SUMAHENDRA .I, 10144200109 (2015) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN WAKTU LUANG DAN KENAKALAN PADA REMAJA DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SMP N 2 PANDAK BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Natas Sumahendra I. (10144200109).pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara penggunaan waktu luang dengan prestasi akademik siswa, (2) hubungan antara kenakalan pada remaja dengan prestasi akademik siswa, (3) hubungan antara penggunaan waktu luang dan kenakalan remaja dengan prestasi akademik siswa, dan (4) sumbangan efektif penggunaan waktu luang dan kenakalan remaja dengan prestasi akademik siswa kelas VIII SMP N 2 Pandak tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Pandak tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 142 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling yakni sejumlah 50 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan antara penggunaan waktu luang dengan prestasi akademik siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,580 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik penggunaan waktu luang oleh siswa akan meningkatkan prestasi akademik siswa, (2) Ada hubungan antara kenakalan remaja dengan prestasi akademik siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = –0,472 dengan p = 0,001 < 0,05, yang berarti semakin rendah kenakalan remaja pada siswa akan meningkatkan prestasi akademik siswa, (3) Ada hubungan antara penggunaan waktu luang dan kenakalan remaja dengan prestasi akademik siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 17,097 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik penggunaan waktu luang dan semakin rendah kenakalan remaja pada siswa dapat meningkatkan prestasi akademik siswa, (4) sumbangan efektif penggunaan waktu luang dan kenakalan remaja pada siswa terhadap prestasi akademik sebesar 42,114%. Implikasi dalam penelitian ini, sekolah memiliki peran penting dalam pemanfaatan penggunaan waktu luang yang positif di sekolah dan dapat meminimalisir kenakalan remaja pada siswa sehingga akan berpengaruh terhadap meningkatnya prestasi akademik siswa yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penggunaan waktu luang, kenakalan remaja, prestasi akademik
Subjects: Psikologi > Psikologi diferensial dan perkembangan > Psikologi Remaja
Sosial > Permasalahan dan kesejahteraan Sosial > Psikologi Kriminal; kenakalan anak dan remaja
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 30 Jan 2016 02:14
Last Modified: 30 Jan 2016 02:14
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item