HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KELOMPOK DENGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

SOIMAN, 10144200168 (2015) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KELOMPOK DENGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SRANDAKAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Soiman (10144200168).pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan layanan bimbingan konseling kelompok dengan kesiapan belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Srandakan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Srandakan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 150 siswa sebagai populasi. Sampel dalam penelitian ini sebesar 86 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara layanan bimbingan konseling kelompok dengan kesiapan belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Srandakan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,581 lebih besar dari rtabel 0,213 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin sering layanan bimbingan konseling kelompok maka semakin meningkat kesiapan belajar siswa, sebaliknya semakin jarang layanan bimbingan konseling kelompok maka semakin rendah pula kesiapan belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan layanan bimbingan konseling kelompok yang sering dapat membentuk dan menumbuhkan perilaku yang baik dalam belajar siswa sehingga siswa akan lebih meningkatkan kesiapan belajar siswa. Oleh karena itu guru BK dan perangkat sekolah hendaknya lebih aktif dalam memberikan perhatian dan dukungan dalam peningkatkan kesiapan belajar siswa yang baik sehingga tercapai prestasi belajar siswa yang baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan konseling kelompok, kesiapan belajar
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kemauan: motivasi, brainwashing, persuasi
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Psikologi Konseling
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 30 Jan 2016 01:50
Last Modified: 30 Jan 2016 01:50
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item