HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN SOSIAL DAN BIMBINGAN PRIBADI DENGAN TINGKAT KENAKALAN REMAJA SISWA SMP NEGERI 4 PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

TRI HASTUTI, 11144230004 (2015) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN SOSIAL DAN BIMBINGAN PRIBADI DENGAN TINGKAT KENAKALAN REMAJA SISWA SMP NEGERI 4 PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui arah hubungan positif bimbingan sosial dengan tingkat kenakalan remaja. (5) Untuk mengetahui arah hubungan positif bimbingan pribadi dengan tingkat kenakalan remaja. (6) Untuk mengetahui hubungannya antara bimbingan sosial dan bimbingan pribadi secara bersama-sama dengan tingkat kenakalan remaja siswa SMP Negeri 4 Patuk, Gunungkidul tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 278 siswa dari kelas VII, VIII, IX SMP Negeri 4 Patuk, Gunungkidul Tahun Pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel yang diteliti dilakukan dengan teknik Quota stratified Random Sampling sejumlah 75 siswa. Metode dan teknik pengumpulan data adalah dengan angket/kuesioner. Analisis data menggunakan statistik dengan uji Regresi ganda dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) ada hubungan negatif antara bimbingan sosial dengan tingkat kenakalan remaja siswa SMP Negeri 4 Patuk, Gunungkidul Tahun Pelajaran 2014/2015 (rx1y = -0,325). (5), (2) Ada hubungan negatif antara layanan pribadi di sekolah dengan tingkat kenakalan remaja pada siswa SMP Negeri 4 Patuk, Gunungkidul Tahun Pelajaran 2014/2015 (rx2y = -0,315). (6) Ada hubungan positif antara bimbingan sosial dan layanan pribadi dengan tingkat kenakalan remaja pada siswa SMP Negeri 4 Patuk, Gunungkidul Tahun Pelajaran 2014/2015 (R2 = 0,226), (4) Sumbangan efektif variabel bimbingan sosial dan bimbingan pribadi secara bersama-sama terhadap kenakalan remaja adalah kecil sebesar 22,63%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa bimbingan sosial sangat penting karena dengan didorong oleh bimbingan sosial maka siswa akan terus berperilaku dan bertingkah laku sesuai dengan bimbingan yang diperoleh di sekolah sehingga akan berpengaruh terhadap penurunan tingkat kenakalan remaja. Dengan bimbingan pribadi akan selalu diberikan sehingga terbentuk sifat pembiasaan yang rutin maka 3 3 tingkah laku dan perilaku siswa akan terbentuk dengan baik dan akan menurunkan tingkat kenakalan remaja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Psikologi Konseling, Kenakalan Remaja
Subjects: Psikologi > Psikologi Terapan > Psikologi Konseling, nasihat, penyuluhan
Sosial > Permasalahan dan kesejahteraan Sosial > Psikologi Kriminal; kenakalan anak dan remaja
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 29 Jan 2016 08:17
Last Modified: 29 Jan 2016 08:17
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item