HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015

JENRI SUNU WIJAYA, 10144200288 (2015) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Jenri Sunu Wijaya (10144200288).pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara layanan bimbingan kelompok dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jetis Bantul tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jetis Bantul tahun ajaran 2014/2015 sebesar 223 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 90 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jetis Bantul tahun ajaran 2014/2015 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,352 lebih besar dari rtabel 0,207 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin baik pemberian layanan bimbingan kelompok pada siswa maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, sebaliknya semakin rendah pemberian layanan bimbingan kelompok pada siswa maka semakin rendah pula prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa adanya hubungan yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok dengan prestasi belajar siswa memberikan perhatian, motivasi, bimbingan, pengawasan dan peran dari berbagai pihak baik di sekolah maupun di rumah sangat diperlukan dalam meningkatkan kepercayaan diri, tanggung jawab dan peran serta siswa dalam kelompok yang baik sehingga prestasi belajar siswa semakin meningkat. Oleh karena itu guru dan perangkat sekolah hendaknya lebih aktif dalam memberikan dukungan dalam pelaksanaan bimbingan konseling khususnya layanan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan semangat belajar sehingga prestasi belajar siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan kelompok, prestasi belajar
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kecerdasan dan Bakat
Psikologi > Psikologi Terapan > Psikologi Konseling, nasihat, penyuluhan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 29 Jan 2016 07:41
Last Modified: 29 Jan 2016 07:41
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item