PENGARUH PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MARTABAK KIRANA DI KABUPATEN SLEMAN (Studi Kasus pada UKM Martabak Kirana)

RIYANTI, 11133200008 (2015) PENGARUH PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MARTABAK KIRANA DI KABUPATEN SLEMAN (Studi Kasus pada UKM Martabak Kirana). Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
artikel riyanti.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen Martabak Kirana dan menganalisis banyaknya faktor yang dominan dalam mempengeruhi kepuasan konsumen . Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sleman pada tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen martabak Kirana di Kabupaten Sleman dan jumlahnya 2.141 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan ditemui peneliti yang dipandang cocok bisa dijadikan sampel. Tingkat signifikansi yang dipergunakan adalah 0,05. Teknik pengumpulan data variabel dengan menggunakan metode kuesioner yang dilengkapi dengan skala likert. Kuesioner sebelum digunakan terlebih dahulu di uji cobakan dengan mengambil sampel sebanyak 30 konsumen. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f serta analisis koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen kepuasan konsumen. Hal ini dapat di buktikan dari variabel independen nilai r hitung> r tabel nilai r hitung dari ketiga variabel > 1.986. Secara simultan variabel pelayanan, harga, dan lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai F yaitu sebesar 55.582 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai R = 0,644, artinya pelayanan, harga dan lokasi mempunyai hubungan yang kuat terhadap kepuasan konsumen Martabak Kirana dan Adjusted R Square (R2) sebesar 0,633 artinya sebesar 63,30% menyumbangkan perubahan variabel pelayanan, harga dan lokasi terhadap variabel kepuasan konsumen dan sisanya 36,70% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada di penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pelayanan, harga, lokasi, kepuasan konsumen
Subjects: Manajemen > Manajemen Biaya
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen > Manajemen Strategik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 28 Jan 2016 08:19
Last Modified: 28 Jan 2016 08:19
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item