PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ROLE-PLAYING PADA KOMPETENSI DASAR MEMPRAKTIKKAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN INTEGRITAS DIRI SISWA KELAS XII SMA JURUSAN IPS

Natalina Premastuti Brataningrum, Fakultas Bisnis, Universitas PGRI Yogyakarta and Victor Novianto, Pasca Sarjana, Universitas PGRI Yogyakarta (2018) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL ROLE-PLAYING PADA KOMPETENSI DASAR MEMPRAKTIKKAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN INTEGRITAS DIRI SISWA KELAS XII SMA JURUSAN IPS. Project Report. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAP-AKHIR-PENELITIAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa desain pembelajaran model role-playing yang efektif untuk pembelajaran pada kompetensi dasar mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa untuk siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dilakukan berdasarkan Model ADDIE. Desain produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli pendidikan karakter. Produk diujicobakan kepada siswa-siswa baik kelompok kecil maupun kelompok besar. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah kuesioner dan wawancara. Hasil validasi dari para ahli dan hasil ujicoba kepada siswa-siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan sangat baik. Artinya, desain model role-playing untuk pembelajaran pada kompetensi dasar mempraktikkan siklus akuntansi perusahaan jasa untuk siswa kelas XII SMA layak untuk diimplementasikan dalam praktik pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: model role-playing, penelitian dan pengembangan, siklus akuntansi
Subjects: Akuntansi
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian > Penelitian Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 29 Jun 2020 08:59
Last Modified: 29 Jun 2020 08:59
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item View Item