Victor Novianto, Universitas PGRI Yogyakarta and Ardilla Elfira Safitri, Universitas PGRI Yogyakarta (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS. In: Prosiding Seminar Nasional dalam rangka Dies Natalis ke-55 Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Semnas-55UNY.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran IPS, nilai-nilai karakter pada pembelajaran IPS, hasil implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS, dan faktor pendorong dan penghambat implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS bertujuan untuk melatih siswa berpikir kritis dan menjadi individu yang memiliki keterampilan sosial. Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS, antara lain siswa membantu teman yang membutuhkan, guru memberikan tugas kepada siswa, siswa berdoa dan membaca asmaul khusna, siswa hadir ke sekolah tepat waktu, guru dan siswa melakukan tanya jawab. Hasil implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS, antara lain siswa senang membantu teman yang membutuhkan, siswa mengerjakan tugas secara mandiri, siswa rajin menjalankan ibadah, siswa tidak terlambat datang ke sekolah, siswa dapat menjawab pertanyaan menggunakan bahasa pribadi. Faktor pendorong implementasi pendidikan karakter adalah siswa merupakan seorang santri dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter adalah guru belum memahami tentang pendidikan karakter.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pembelajaran IPS |
Subjects: | Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral |
Divisions: | Prosiding |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 03:03 |
Last Modified: | 11 Jun 2020 03:03 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/2144 |
Actions (login required)
View Item |