Pemetaan Data Statistika Tentang Dominannya Faktor Human Error Dalam Laka Lantas Kabupaten Bantul, DIY

Afida Vona, Pendidikan Matematika UPY and Juliana Fatmawati, Pendidikan Matematika UPY and Dwi Setiawan, Pendidikan Matematika UPY and Eki Setiawan, Pendidikan Matematika UPY (2019) Pemetaan Data Statistika Tentang Dominannya Faktor Human Error Dalam Laka Lantas Kabupaten Bantul, DIY. FKIP Pendidikan Matematika UPY.

[img]
Preview
Text
PAPER_7.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis penyebab utama dari human error yang sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas di daerah Bantul, DIY. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian meliputi metode survey menggunakan angket yang sesuai dengan kriteria topik. Angket yang digunakan adalah angket pernyataan. Sebelum disebarkan, pada angket dilakukan uji ketepatan pernyataan. Penyebaran angket dilakukan kepada responden penelitian sesuai dengan konflik yang dibahas, yaitu dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan usia, kelompok muda (13-25 tahun), kelompok menengah (26-38 tahun), dan kelompok tua (39-51 tahun). Sampel yang digunakan untuk masing-masing kelompok usia adalah 10 sampel. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data dalam suatu angka, data grafik, atau data tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama kecelakaan karena human error di Bantul, DIY adalah pengendara yang mengantuk dengan poin pada angket sebesar 65 dan didominasi oleh pengendara kelompok muda (13-25 tahun) dengan 41 poin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Human error, Kecelakaan lalu lintas, Pengendara
Subjects: Matematika > Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 28 May 2019 03:36
Last Modified: 28 May 2019 03:36
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item View Item