HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN IDENTITAS DIRI SISWA KELAS VII MTs NEGERI KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Wahyu Sarifudin, 10144200191 (2014) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN IDENTITAS DIRI SISWA KELAS VII MTs NEGERI KECAMATAN PAKEM KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Wahyu Sarifudin (10144200191).pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan identitas diri siswa kelas VII MTs Negeri Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 160 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 50 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan identitas diri siswa kelas VII MTs Negeri Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015 dengan mengetahui nilai rhitung sebesar 0,565 lebih besar dari rtabel 0,279 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya kepada siswa maka semakin tinggi identitas diri yang dimiliki siswa, sebaliknya semakin rendah dukungan sosial teman sebaya pada siswa maka semakin rendah pula identitas diri siswa. Dengan arti lain bahwa tinggi rendahnya identitas diri siswa dapat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya pemberian dukungan sosial teman sebaya terhadap siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan identitas diri siswa memberikan perhatian, motivasi, bimbingan dan peran dari berbagai pihak baik di sekolah maupun di rumah sangat diperlukan dalam meningkatkan dukungan sosial dan menumbuhkan rasa percaya diri sehingga identitas diri siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial teman sebaya, identitas diri
Subjects: Psikologi > Psikologi Terapan > Psikologi Konseling, nasihat, penyuluhan
Psikologi > Psikologi Terapan > Perbaikan Pribadi: penghidupan yang sukses
Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 27 Jan 2016 02:51
Last Modified: 27 Jan 2016 02:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item