PERAN POLA ASUH AUTORITATIF ORANG TUA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 2 GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Titik Mulat Widyastuti, PAUD Universitas PGRI Yogyakarta (2017) PERAN POLA ASUH AUTORITATIF ORANG TUA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 2 GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. Prodi PAUD Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Titik Mulat W.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran antara persepsi pola asuh autoritatif orangtua, komunikasi interpersonal dan konsep diri secara parsial dan bersama-sama terhadap penyesuaian sosial. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SMPN 2 Gamping sejumlah 50 siswa.Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada peran positif dan signifikan antara persepsi pola asuh autoritatif orangtua, komunikasi interpersonal dan konsep diri secara parsial maupun bersama-sama dengan penyesuaian sosial siswa di sekolah. Besarnya sumbangan efektif pola asuh autoritatif orangtua, komunikasi interpersonal, dan konsep diri terhadap penyesuaian sosial siswa di sekolah secara bersama–sama sebesar 46,3%, dimana pola asuh autoritatif orangtua sebesar 24,8 %, komunikasi interpersonal sebesar 13,9%, konsep diri sebesar 7,5% dan sisanya sebesar 53,8% dipengaruhi variabel lain di luar variabel penelitian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pola asuh autoritatif orangtua, komunikasi interpersonal, konsep diri, penyesuaian sosial
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 10 Aug 2018 01:35
Last Modified: 10 Aug 2018 01:35
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item View Item