Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Extraordinary Materi Suku Banyak

Wahyu Budi Saputra, Prodi Matematika Universitas PGRI Yogyakarta and Arinka Putri Utami, Prodi Matematika Universitas PGRI Yogyakarta (2018) Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Extraordinary Materi Suku Banyak. FKIP Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
extraord.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal ujian nasional materi suku banyak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian meliputi metode tes, dan wawancara. Butir soal diuji validitas sebelum digunakan untuk penelitian. Soal yang digunakan pada penelitian ini adalah soal Ujian Nasional SMA sehingga validasi soal dilakukan pada aspek variasi soal yang digunakan sebagai tes. Wawancara dilakukan kepada mahasiswa secara acak setelah selesai mengerjakan soal untuk menanyakan respon dalam menyelesaikan soal tes. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal ujian nasional materi suku banyak ada dua yaitu kesalahan konsep dan kesalahan perhitungan. Untuk kesalahan konsep merupakan kesalahan yang sering terjadi dengan rata-rata kesalahan sebesar 56,36%. Sedangkan untuk rata-rata kesalahan perhitungan yaitu sebesar 20,61%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analysis mistake, extraordinary, polynomials
Subjects: Matematika > Operasi aritmatik; eksponen, logaritma, faktor, prosentase, desimal
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 31 Jul 2018 02:52
Last Modified: 31 Jul 2018 02:52
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item