Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesikan Soal Program Linear dengan Menerapkan Teori Polya Ditinjau dari Perbedaan Gender

Nurul Fathonah, UPY and Ratna Juwita, UPY and Padrul Jana, UPY (2018) Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesikan Soal Program Linear dengan Menerapkan Teori Polya Ditinjau dari Perbedaan Gender. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Teori Polya.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Kajian Matematika SMA merupakan salah satu mata kuliah yang sangat penting untuk mahasiswa. Karena dengan mempelajari lebih dalam materi tersebut, mahasiswa akan mempunyai bekal untuk mengajar siswa SMA nantinya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan sampel yang diambil yaitu 10 mahasiswa yang terdiri dari 5 mahasiswa laki-laki dan 5 mahasiswa perempuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui letak kesalahan antara mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan dalam menyelesaikan soal cerita atau permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dengan menerapkan teori Polya yang terdiri dari beberapa langkah. Sesuai dengan teori Polya, langkah-langkah tersebut diantaranya: 1) memahami masalah pada langkah, 2) membuat rencana untuk menyelesaikan masalah, 3) menyelesaikan rencana berdasarkan rencana, 4) melihat kembali tahap. Manfaat penelitian ini yaitu setelah mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh peneliti, diharapkan kesalahan tersebut dapat diatasi oleh peneliti selanjutnya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan cara purposive sampling berdasarkan hasil tes soal uraian dan analisis data yang digunakan berupa statistic deskriptif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kesalahan, program linear,teori polya, gender
Subjects: Matematika > Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 26 Jul 2018 08:17
Last Modified: 27 Jul 2018 02:14
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item View Item