MODEL KOLABORATIF BERBASIS MASALAH UNTUK PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR

Nina Nuramalina, Universitas Negeri Malang and Imam Agus Basuki, Universitas Negeri Malang and Suyono, Universitas Negeri Malang (2017) MODEL KOLABORATIF BERBASIS MASALAH UNTUK PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 18 Desember 2017 : ISBN 978-602-50837-1-6.

[img]
Preview
Text
0A. Cover Prosiding SEMNAS PGSD 2017 UPY.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. Nina Nuramalina1, Imam Agus Basuki2, dan Suyono3.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Siswa diharapkan memiliki keterampilan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran berkelompok setiap siswa belum mengalami belajar yang bermakna dan tidak semua anggota bekerja dalam kelompok. Model kolaboratif berbasis masalah merupakan pembelajaran secara berkelompok yang menyajikan permasalahan autentik, membutuhkan kerjasama kelompok, mewajibkan setiap anggota berkontribusi terhadap kelompok. Interaksi yang terjalin antar siswa dalam kelompok mengembangkan keterampilan sosial yang dapat membangun kognitif yang rendah untuk mencapai kognitif yang tinggi. Tujuan penulisan ini untuk memaparkan model kolaboratif dengan upaya untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model kolaboratif, keterampilan sosial
Subjects: Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral
Divisions: Prosiding
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 25 May 2018 03:09
Last Modified: 25 May 2018 03:09
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item