IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR BAGI SISWA SMALB KELAS XII TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FAISAL ZAKI NAFIAN, 13144200035 (2017) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR BAGI SISWA SMALB KELAS XII TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB PGRI MINGGIR SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Prodi Pendidikan Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Bimbingan Karir Bagi Siswa SMALB Kelas XII Tunagrahita Ringan Di SLB PGRI Minggir Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas yang mengampu siswa Siswa SMALB Kelas XII Tunagrahita Ringan dan Kepala Sekolah. Metode penentuan subyek adalah menggunakan teknik purposive. Teknik pengumplan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian tentang implementasi bimbingan karir di SLB PGRI Minggir sebagai berikut : 1) layanan yang di adakan di SLB PGRI Minggir adalah layanan orientasi, individual, sosial, belajar, karir, dan penempatan/ penyaluran,akan tetapi yang paling utama adalah sosial dan karir.2)Hambatan-hambatan yang ditemui antara lain, kurangnya pengalaman guru kelas dalam membimbing siswa dalam hal bimbingan karir, orang tua ada yang selalu menuntut anak nya harus bisa menguasai keterampilan yang di ingnkan orang tua, dan ada pula orang tua yang sangat cuek terhadap anaknya dalam hal pendidikan dan masa depan anaknya. 3)Cara memberikan layanan bimbingan karir terhadap siswa tunagrahita ringan dengan cara mengulang-ulang satu materi, sehingga siswa dapat hafal dan terbiasa dengan apa yang di berikan oleh guru.4)Tahapan-tahapan bimbingan karir bagi siswa tunagrahita ringan yaitu dengan melakukan asessmen terhadap siswa yang diisi oleh orang tua, setelah itu guru mengobservasi paling tidak selama 3 bulan atau satu semester untuk mencari bakat siswa.5)Strategi atau metode-metode dalam memberikan layanan bimbingan karir bagi siswa tunagrahita ringan di jenjang SMALB yaitu dengan memperbanyak jam keterampilan, lalu mengadakan sistem magang bagi yang sudah benar-benar matang dan layak untuk di magangkan.6)Tujuan diberikan layanan bimbingan karir bagi siswa tunagrahita ringan yaitu untuk menemukan minat dan bakat dari siswa itu sendiri dan mempersiapkan siswa dengan mematangkan bakat keterampilan yang dimiliki agar jika sudah lulus kelak siswa mendapat pekerjaan tanpa diskriminasi. 7)Perubahan setelah diberikan layanan bimbingan karir bagi siswa tunagrahita ringan yang sangat terlihat oleh mata adalah siswa lebih percaya diri dalam melakukan pekerjaan.8)Tidak adanya diklat atau pelatihan tentang bimbingan bagi guru sekolah luar biasa sehingga guru tidak mempunyai pengalaman dalam hal bimbingan konseling.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, bimbingan karir, siswa, tunagrahita ringan, SMALB
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 16 Mar 2018 01:15
Last Modified: 16 Mar 2018 01:15
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item View Item