Muhammad Risham Al Hindi, 13144200053 (2017) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PAKEM TAHUN AJARAN 2017/2018. Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya perilaku bullying pada siswa kelas VIII MTs Negeri Pakem, Untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam mencegah perilaku bullying di MTs Negeri pakem. Untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh guru BK dalam mengatasi prilaku bullying pada siswa. Subjek dalam penelitian ini ialah seorang guru BK dan siswa kelas VIII MTs Negeri Pakem. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Peneliti menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama penyebab terjadinya prerilaku bullying karena lingkungan siswa memberi penggaruh terhadap siswa dalam melakukan prilaku bullying ketika dikelas maupun disekolah. Kedua peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying dilakukan dengan cara, memberikan bimbingan klasikal, layanan informasi melalui papan bimbingan dan leaflet, konseling individu dan kelompok, tindakan preventif, represif dan kuratif. Ketiga langkah-langkah yang dilakukan guru BK untuk mengatasi perilaku bullying yaitu mengidentifikasi masalah, memberikan layanan BK, memberikan hukuman kedisiplinan, dan melakukan pengawasan terhadap prilaku bullying.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru BK, Bullying |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 14 Mar 2018 03:50 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 03:50 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1726 |
Actions (login required)
View Item |