PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sofi, 13144200068 (2017) PERANAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS XI SMA PGRI 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SOFI.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan kematangan emosi?, bagaimana peran guru BK dalam mengembangkan kematangan emosi siswa?, apa saja kendala yang dihadapi oleh guru BK dalam mengembangkan Kematangan emosi siswa?, dan bagaiman guru BK dalam mengatasi hambatan atau kendala dalam mengembangkan kematangan emosi siswa?. Subjek penelitian ini adalah kelas XI SMA PGRI 1 Kasihan tahun 2017. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Observasi dan Wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Deskriptif Kualitatif. Keabsahan data ditempuh dengan triangulasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kematangan emosi adalah suatu keadaan atau kondisi mencapai tingkat kedewasaan dari perkembangan emosi masa kanak-kanak. Kematangan emosi seringkali berhubungan dengan kontrol diri. Adapun kendala dalam mengembangkan kematangan emosi siswa kelas XI SMA PGRI 1 Kasihan adalah karakter siswa yang keras dan kendala dari luar adalah keadaan lingkungan siswa yang tidak mendukung bagi perkembangan kematangan emosi siswa dan cara mengatasi kendala dalam mengembangkan kematangan emosi siswa adalah dengan memberi arahan dan membimbing siswa secara perlahan dan membangun kerjasama dengan orang tua siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peran guru bimbingan dan konseling, kematangan emosi
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 14 Mar 2018 03:26
Last Modified: 14 Mar 2018 03:26
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item View Item