STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI PROGRAM NAWACITA DALAM BIDANG PENDIDIKAN UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL TAHUN 2017

Naleka Usadhi, 13144300040 (2017) STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI PROGRAM NAWACITA DALAM BIDANG PENDIDIKAN UNTUK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL TAHUN 2017. Prodi PPKn Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program Nawacita dalam bidang pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul tahun 2017 Penelitian kualitatif ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Subjek penelitian ini terdiri tujuh orang yaitu Kepala Sekolah, empat guru dan dua orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Pengumpulan data menggunakan deduktif dengan kajian naturalistik sehingga dapat menghasilkan kesimpulan berdasarkan dari data yang diperoleh. Keabsahan data ditempuh dengan strategi triangulasi data yaitu dengan membandingkan data yang diperoleh dengan data sebelumnya. Hasil penelitian implementasi program Nawacita dalam bidang pendidikan untuk siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul tahun 2017 adalah (a) implementasi program Nawacita dalam hal kurikulum sekolah lebih baik dengan mengedepankan pendidikan ketrampilan, (b) dalam bidang pembangunan di sekolah mengalami penurunan, (c) untuk siswa berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Bantul pada tahun 2017 berfokus pada pemberian beasiswa melalui Kartu Indonesia Pintar, (d) bagi guru yang mengajar kesejahteraan guru di SLB Negeri 1 Bantul tahun 2017 tidak mengalami peningkatan secara signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Nawacita, Siswa Berkebutuhan Khusus
Subjects: Pendidikan > Aneka ragam tentang Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:47
Last Modified: 14 Mar 2018 01:47
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1719

Actions (login required)

View Item View Item