MURDONO YUDHI SUSANTO, 14255140038 (2018) PERANAN KEPRAMUKAAN DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER PADA SISWA SMP NEGERI 2 WONOSARI TAHUN 2016. Pascasarjana MIPS Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel Jurnal.pdf Download (605kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi kepramukaan pada pendidikan karakter bangsa siswa SMP Negeri 2 Wonosari. Fokus Penelitian adalah bagaimana kondisi ekstrakurikuler kepramukaan, dan bagaimana implementasi kepramukaan pada pendidikan karakter, faktor-faktor penghambat dan pendukung dari implementasi ekstrakurikuler kepramukaan, serta peranan kepramukaan dalam menanamkan nilai karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan digunakan tiga tehnik yaitu studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu berupa pedoman observasi, wawancara dan pedoman studi dokumentasi Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi ekstrakurikuler pramuka secara keseluruhan belum berjalan maksimal. Kondisi ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 2 Wonosari masih belum idial ditinjau rasio jumlah pembina pramuka. Implementasi ekstrakurikuler kepramukaan, sekolah menyusun rencana program yang berpedoman pada buku SKU pramuka. Sekolah memiliki kegiatan tahunan dan kegiatan mingguan yang menjadi agenda rutin. Dalam mengajar, pembina pramuka belum menggunakan metode kepramukaan. Sekolah belum melaksanakan sepenuhnya ekstrakurikuler wajib kepramukaan dalam kegiatan sekolah sebagai implikasi dilaksanakan kurikulum 2013. Faktor pendukung dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka, diantaranya adanya program, tersedia sarana prasarana, dan sekolah menyediakan dana yang berasal dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Selain dari pihak sekolah, faktor lain adalah dukungan orang tua siswa. Faktor penghambat, progam dari kegiatan rutin setiap minggu pelaksanaannya tidak sesuai dengan progam sekolah, pembina pramuka belum sepenuhnya menerapkan prinsip dan metode kepramukaan serta yang terakhir jumlah pembina pramuka tidak sebanding dengan jumlah siswa ekstrakurikuler pramuka. Peranan Kepramukaan sangat efektif dalam menanamkan nilai karakter pada siswa yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama dan lingkungan melalui kegiatan yang menarik dan menantang, seperti kemah, pionering, semaphore, outbond,tali temali, dan mencari jejak.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Ekstrakurikuler, Pramuka, Nilai Karakter |
Subjects: | Pendidikan > Pramuka, Pecinta alam,PMI, Resimen Mahasiswa |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 08 Mar 2018 01:56 |
Last Modified: | 08 Mar 2018 01:56 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1696 |
Actions (login required)
View Item |